Campaign PPA

icon twitter

Kamis, 07 Oktober 2010

Konsep Dasar OOP

hal yang harus kita harus pelajari konsep-konsep berorientasi object dalam Java :

1. Mengetahui dan menggunakan konsep dasar beorientasi object.
· class
· object
· atribut
· method
· konstruktor
2. Mengetahui dengan jelas tentang konsep lanjutan berorientasi object dan menggunakannya
dengan baik
* package
* enkapsulasi
* abstraksi
* pewarisan
* polimorfisme
* interface
Penjelasan dari konsep OOP diatas :
1 . Kelas adalah struktur yang mendefinisikan elemen elemen data dan dimana object dibuat berdasarkan tipe data baru.contoh : kelas buku, kelas manusia.
Kelas adalah bentuk penyederhanaan dari suatu permasalahan yang berkaitan dengan objek. Maka dari itu kelas dapat didefinisikan sebagai sesuatu yg mempunyai data (sifat) dan fungsi (kelakuan). Kelas masih bersifat abstrak, maka dari itu kita harus melakukan instansiasi dari kelas tersebut, selanjutnya instance dari kelas tersebut dinamakan dengan objek. Contoh, manusia adalah suatu kelas, maka objek dari kelas manusia adalah akhmad.

2. Objek
state dan behaviour. State adalah keadaan dari sebuah objek, seperti mobil memiliki state warna, model, tahun pembuatan, kondisi, dll. Sedang behaviour adalah kelakuan dari objek tersebut, seperti mobil dapat melaju, membelok, membunyikan klakson, dll. Objek menyimpan statenya dalam satu atau lebih variabel, dan mengimplementasikan behaviournya dengan metode. Dengan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa objek adalah bagian software yang dibentuk dengan variabel-variabel dan metode-metode yang berhubungan dengan variabel tersebut.Dengan karakteristik tersebut, kita dapat memodelkan berbagai objek dalam kehidupan nyata ke dalam objek-objek dalam sebuah program. Lebih lanjut kita dapat memodelkan objek-objek abstrak ke dalam sebuah program. Contoh umum untuk konsep abstrak seperti ini adalah objek Event, yaitu objek untuk mewakili peristiwa klik atau tombol ditekan

3. Atribut

Atribut menunjuk pada elemen data dari sebuah object. Atribut menyimpan informasi tentang object. Dikenal juga sebagai member data, variabel instance, properti atau sebuah field data. Kembali lagi ke contoh sistem registrasi siswa, atribut dari sebuah siswa adalah nomor siswa.

4. Method
Method adalah fungsi (subprogram) yang melekat pada sebuah objek atau instan kelas.
5. Konstruktor
Adalah suatu yang memiliki nama yang sama dengan nama kelas, tidak memilki nilai baik.Dan biasanya memiliki instruksi untuk memberikan nilai ini sialisasi untuk variabel - variabel yang akan dimiliki oleh objec. Konstrukstor ini dipanggil pada saat proses instansiasi kelas menjadi objek.
6. Package
Package menunjuk pada pengelompokkan class dan/atau subpackages. Strukturnya dapat disamakan dengan direktorinya.

7.Enkapsulasi
Proses penggabungan antara data-data dan fungsi-fungsi yang berkaitan ke dalam sebuah objek. Kita dapat membuat program yang terintegrasi, tanpa harus mendeklarasikan variabel-variabel yang bersifat eksternal. Adapun istilah yang digunakan untuk menyebut data-data yang terdapat dalam suatu objek adalah data member, sedangkan funsi-funsi yang terdapat didalamnya dikenal dengan member fungtions.
8.Abstraksi
Abstract merupakan suatu mekanisme yang memungkinkan suatu metode ditentukan dari dalam kelas tetapi tidak disertai dengan definisinya. Abstract dapat dikatakan sebagai subkelas yang mempunyai operasi yang sesuai dengan metode, adapun antara satu subkelas dengan subkelas yang lain memiliki tindakan yang berbeda.
9.Pewarisan
Pewarisan merupakan suatu mekanisme yang memungkinkan seorang pemrogram menciptakan suatu kelas baru berdasarkan kelas yang sudah tersedia tetapi tidak perlu menuliskan kode dari nol.
10. Polimorfisme
Polymorphism adalah Proses kebanyak rupaan, artinya kita dapat mengimplementasikan sesuatu hal yg berbeda melalui satu cara yang sama
11.Interfece.
Sebuah interface adalah sebuah contract dalam bentuk kumpulan method dan deklarasi konstanta. Ketika sebuah class implements sebuah interface, ini mengimplementasikan semua method yang dideklarasikan dalam interface.

Sumber : Dunia Teknologi Komputer  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar